Kurikulum

KURIKULUM

Sistem penyelenggaraan pendidikan di FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS Universitas Muhammadiyah Palembang menggunakan sistem kredit semester. Sistem Kredit Semester yaitu suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan Satuan Kredit Semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar dan beban penyelenggaraan program.

Berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa. Kurikulum program sarjana terdiri atas :

1.Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang terdiri atas matakuliah yang relevan dengan tujuan pengayaan wawasan, pendalaman intensitas pemahaman dan penghayatan MPK inti.

2.Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) yang terdiri atas matakuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompentensi keilmuan atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi bersangkutan.

3.Mata Kuliah Keahlian berkarya (MKB) yang terdiri atas matakuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompentensi keahlian dalam berkarya di masyarakat sesuai dengan keunggulan kompetitif penyelenggaraan program studi bersangkutan.

4.Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) yang terdiri atas matakuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan perilaku berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masyarakat untuk setiap program studi.

5.Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) yang terdiri atas matakuliah yang relevan dengan upaya pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam berkehidupan di masyarakat, baik secara nasioanal maupun global yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompentensi keahliannya.